Abaikan kategori kursus
Abaikan kursus yang tersedia

Kursus yang tersedia

Modul ini merupakan modul pembelajaran di semester I yang menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan  epidemiologi, satuan/ukuran insidensi penyakit dan dasar dasar statistik serta hubunganya dengan lingkungan dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan primer (primary health care).

Modul ini merupakan modul lanjutan dari modul Biomedik I sebelumnya yang masih tetap menitik beratkan pada penguasaan Ilmu-Ilmu dasar kedokteran atau Ilmu-Ilmu preklinik yang diharapkan sebagai landasan untuk modul klinik yang akan dilaksanakan selanjutnya. Disamping itu modul ini juga berkaitan erat dengan Ilmu lain dan permasalahan klinik dalam bidang kedokteran untuk pengembangan Ilmu dan teknologi.

Modul pembelajaran biomedik I memberikan penekanan pada Ilmu-Ilmu preklinik, yang diharapkan menjadi landasan bagi pembahasan pada modul-modul klinik pada semester berikutnya. Adapun yang menjadi tematik yang akan dikembangkan sebagai materi pembelajaran modul ini meliputi: Biologi Sel, Jaringan dan Organ, Sistem Tubuh Manusia, Nutrisi dan Biokimia Dasar, dan Genetika Dasar.

Praktikum Semester I berisi tentang praktik-praktik laboratorium terkait topik yang diajarkan di modul-modul semester I. Adapun praktik laboratorium yang diajarkan adalah:

- Literature Searching

- Pengantar Anatomi I

- Pengantar Anatomi II

- Osteologi I

- Osteologi II

- Miologi Dasar

- Pengenalan Mikroskop dan Sel

- Epitel dan Kelenjar

- Hubungan Aktivitas dengan Vital Sign

- Karbohidrat, Protein, Lipid

- Simple Staining

- Helmintologi

- Protozoa

- Farmakokinetik Obat

- Morfologi dan Menghitung Sel Darah

- Pengelolaan Sediaan Mikroskopis dan Teknik Pengiriman Bahan Pemeriksaan

Keterampilan Klinis Semester I berisi tentang keterampilan-keterampilan yang terkait dengan modul-modul yang terdapat pada semester I Program Studi Pendidikan Dokter FK UISU. Adapun keterampilan klinis yang tersebut adalah:

- Keterampilan Komunikasi Efektif Dokter-Pasien

- Teknik Anamnesis Dasar

- Keterampilan Konseling

- Pemeriksaan Fisik Dasar I (Vital Sign)

- Pemeriksaan Fisik Dasar II (Head to Toe)

- Teknik Sterilisasi dan Pengenalan Alat

- Prosedur Asepsis dan Antisepsis

- Prosedur Injeksi

- Mengenal Instrumen Bedah Dasar

- Teknik Penjahitan Kulit dan Sub Kutan

- Simpul-simpul Bedah Dasar

- Presentasi pada Penyuluhan Kesehatan

Modul Keterampilan Komunikasi dan Pembelajaran merupakan modul pertama di semster I. Melalui modul ini mahasiswa baru FK UISU akan dikenalkan mengenai hal-hal yang perlu dipelajari/dikuasai selama di FK, cara berpikir dan belajar mahasiswa kedokteran, kendala pembelajaran dan upaya mengatasinya, serta teknik-teknik belajar dan komunikasi.

Oleh karena modul ini merupakan modul awal, maka penekanan kemampuan yang diharapkan dari mahasiswa kedokteran adalah kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kedokteran dan metode-metode pembelajaran yang mungkin belum pernah dialami oleh mahasiswa baru. Mahasiswa akan lebih banyak dituntut untuk berperan serta dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran, sehingga akan menjadi terbiasa pada modul-modul selanjutnya.

Modul Penyakit Tropis dan Infeksi adalah modul yang akan memberi gambaran tentang berbagai penyakit infeksi tropis yang disebabkan oleh bakteri, virus, cacing, protozoa dan jamur. Penekanan materi pada modul ini yaitu pada etiologi, patogenesis, gejala klinis, pemeriksaan laboratorium, pengobatan serta pengendalian infeksi.

Modul Darah dan Keganasan merupakan salah satu modul klinis yang menjelaskan tentang prinsip prinsip hematopoiesis, fisiologi sel sel darah, morfologi sel darah, biosintesis hemoglobin, kelainan yang berhubungan dengan suatu penyakit yang bermanifestasi pada perobahan nilai eritrosit-lekosit-trombosit baik secara kuantitatif maupun kualitatif serta kelainan imunologik dan keganasan sel sel darah. Modul ini juga membahas sistem limfatik, baik struktur anatomi dan histologis, fungsi dan kelainan sistem limfatik.

Modul Sistem Hormon dan Metabolisme merupakan salah satu modul klinis yang menjelaskan tentang Embriologi, Anatomi-Histologi organ-organ endokrin, Fisiologi organ-organ endokrin, Gangguan organ-organ endokrin, tumor organ-organ endokrin, sindroma metabolik dan farmakologi obat yang berkaitan dengan gangguan fungsi hormon endokrin dan sindroma metabolik, serta Penatalaksanaan dalam konteks pelayanan primer.

Praktikum Semester III berisi tentang praktik-praktik laboratorium terkait topik yang diajarkan di modul-modul semester III. Adapun praktik laboratorium yang diajarkan adalah:

- Anatomi Hati dan Saluran Empedu

- Histologi Hati dan Saluran Empedu

- Histopatologi Hati dan Saluran Empedu

- Zat Warna dalam Urin

- Anatomi Sistem Endokrin

- Histologi Sistem Endokrin

- Histopatologi Sistem Endokrin

- Histopatologi Jaringan

- Enzim

- Penatalaksanaan DM Tanpa Komplikasi

- Pemeriksaan SHD dan Difftel Membuat Sediaan Hapus Darah Tepi

- Laju Endah Darah (LED)

- Penentuan Golongan Darah dan Cross Matching Test

- Bleeding Time

- Parasit pada Hati dan Saluran Empedu

- Direct Smear dan Mycology

Keterampilan Klinis Semester III berisi tentang keterampilan-keterampilan yang terkait dengan modul-modul yang terdapat pada semester III Program Studi Pendidikan Dokter FK UISU. Adapun keterampilan klinis yang tersebut adalah:
- Anamnesis penyakit Sistem Hepatobilier dan Pankreas
- Pemeriksaan Fisik Sistem Hepatobilier, Pankreas dan Limfa
- Anamnesis dan Edukasi Sistem Hormon & Metabolisme
- Pemeriksaan Fisik Kelainan Sistem Hormon & Metabolisme
- Pemeriksaan Glukosa Darah Kapiler dengan alat
- Konseling Diet Diabetes Melitus
- Anemnesis dan Konseling Anemia Defisiensi Besi, Thalasemia dan HIV
- Pemeriksaan Pembelajaran Kelenjar Getah Bening
- Prosedur Injeksi Intravena
- Prosedur Kanulasi Vena
- Prosedur Transfusi, Penentuan Indikasi dan Jenis Transfusi
- Pemeriksaan Torniquet (Rumple Leed Test)
- Roser Plasty

Modul Hati dan Saluran Empedu (Sistem Hepatobilier) merupakan salah satu modul klinis yang menjelaskan tentang Embriologi, Anatomi-Histologi, Fisiologi, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, inflamasi/infeksi, fibrosis, obstruksi, keganasan dan komplikasi kronis sistem hepatobilier serta gangguan intoksikasi obat yang dapat terjadi pada sistem ini.

Secara garis besar modul ini mempelajari tentang metodologi penelitian kesehatan serta ilmu biostatistik yang mendukung dalam menyusun hipotesis dan pengambilan kesimpulan penelitian.

Modul ini merupakan bagian dari modul pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi tingkat Program Sarjana Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara. Modul ini dapat juga dianggap sebagai modul sistem organ klinis karena modul ini berisikan berbagai hal yang berkaitan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik dan diagnostik dasar serta merencanakan penatalaksanaan pada pasien. Salah satu bagian dari modul sistem organ adalah kulit dan jaringan penunjang (integumen).

Modul ini berisi tentang pembelajaran terkait tentang sistem penglihatan, dimana modul penglihatan ini membahas tentang ilmu-ilmu dasar seperti anatomi-histologi-fisiologi mata dan penglihatan serta penyakit-penyakit terkait dengan sistem penglihatan. Diharapkan melalui modul ini, mahasiswa dapat melakukan penatalaksanaan penyakit-penyakit penglihatan yang banyak ditemukan di masyarakat.

Praktikum Semester V berisi tentang praktik-praktik laboratorium terkait topik yang diajarkan di modul-modul semester V. Adapun praktik laboratorium yang diajarkan adalah:

- Anatomi Sistem Pendengaran

- Anatomi Hidung dan Tenggorokan

- Histologi Telinga

- Histologi Hidung dan Tenggorokan

- Pendengaran, Pengecapan dan Penciuman

- Anatomi Penglihatan

- Histologi Penglihatan

- Obat Tetes Mata dan Penulisan Resep

- Interaksi Obat

- Histologi Kulit

- Pemeriksaan Saraf dan Test Fungsi Saraf pada Kusta

- Histopatologi Kulit

- Histopatologi Spesial Sense

- Menelaah Artikel Jurnal Ilmiah (Critical Appraisal)


Keterampilan Klinis Semester V berisi tentang keterampilan-keterampilan yang terkait dengan modul-modul yang terdapat pada semester V Program Studi Pendidikan Dokter FK UISU. Adapun keterampilan klinis yang tersebut adalah:

- Anamnesis Penyakit THT

- Pemeriksaan Fisik THT

- Pemeriksaan Fisik Hidung

- Menghentikan Perdarahan Hidung

- Anamnesis Penyakit Mata

- Pemeriksaan Oftalmologi

- Pemeriksaan Ketajaman Penglihatan (VISUS) dan Koreksi Refraksi Subjektif

- Pemeriksaan Buta Warna

- Pemeriksaan Funduskopi

- Pemberian Obat Tetes dan Zalf Mata

- Pemeriksaan Tekanan Intraokuler

- Anamnesis Penyakit Kulit dan Kelamin

- Pemeriksaan Fisik Kulit dan Kelamin

- Pemeriksaan Lampu Wood

- Teknik Kompres

- Teknik Biopsi Eksisi Kulit

Modul ini ditujukan untuk memperdalam pengetahuan tentang ilmu-ilmu dasar anatomi, histologi, dan fisiologi organ Telinga Hidung dan Tenggorok yang diharapkan dapat mendasari pengetahuan mahasiswa untuk pembelajaran berikutnya, dan skenario  dibuat untuk membahas kasus-kasus yang sering dijumpai dalam praktek sehari-hari dalam bidang penyakit THT yaitu : Peradangan dan alergi - immunologi, infeksi, kelainan kongenital, tumor dan keganasan dan hal-hal yang berkaitan dengan kedaruratan dalam bidang ilmu penyakit THT, sehingga diharapkan setelah  mempelajari modul ini, para mahasiswa akan  mampu untuk mengidenfikasi, membuat diagnosis,  menganalisa, membuat rencana (plan of actions), serta mampu mengelola pasien dibidang ilmu penyakit THT  dan kelainan-kelainan terkait lainnya secara holistik yang memenuhi standar pelayanan yang baku.

Perjalanan International meningkatkan resiko gangguan kesehatan selama diluar negeri, terutama bila berkunjung di negara berkembang. Modul ini diharapkan mampu memberikan mahasiswa kemampuan dalam menghadapi masalah ancaman kesehatan akibat terjadinya perjalanan manusia. Modul ini diharapkan dapat memberikan vaksinasi/imunisasi bagi turis bila bepergian ke daerah atau negara akan terancam penyakit menular.

Modul ini membahas tentang kasus-kasus dalam bidang Ilmu kedokteran jiwa yang sering dijumpai dalam praktek sehari-hari serta hal-hal lain yang berkaitan dengan bidang ini dan sistem terkait. Diharapkan setelah mempelajari modul ini, selain para mahasiswa akan mampu untuk mengidenfikasi, membuat diagnosis, menganalisa, membuat rencana (plan of actions ), serta mampu mengelola pasien secara holistik yang memenuhi standar pelayanan yang baku, mahasiswa juga diharapkan memahami komsep-konsep Ilmu kedokteran Jiwa seperti konsep Jiwa, konsep Normalitas, gejala dan tanda gangguan jiwa dan etiologi gangguan jiwa.

Modul ini terdiri dari empat skenario meliputi pengetahuan tentang ilmu-ilmu dasar anatomi-histologi-fisiologi sistim muskuloskeletal dan hubungannya dengan sistim saraf yang diharapkan dapat mendasari pengetahuan mahasiswa untuk pembelajaran berikutnya. Modul ini  juga berisikan kasus-kasus dalam bidang neurologi yang sering dijumpai dalam praktek sehari-hari, sehingga diharapkan setelah  mempelajari modul ini, para mahasiswa akan mampu untuk mengidentifikasi, membuat diagnosis,  menganalisa, membuat rencana (plan of actions), serta mampu mengelola pasien dibidang muskuloskeletal   secara holistik yang memenuhi standar pelayanan yang baku.

Praktikum Semester VII berisi tentang praktik-praktik laboratorium terkait topik yang diajarkan di modul-modul semester VII. Adapun praktik laboratorium yang diajarkan adalah:

- Anatomi Cranium

- Anatomi Susunan Saraf Pusat

- Histologi Saraf

- Pemeriksaan Cerebro Spinal Fluid

- Histopatologi Persarafan

- Osteologi

- Myology

- Histologi Muskuloskeletal

- Perangsangan pada Otot dan Saraf

- Obat Pelemas Otot

- Obat Psikofarmaka

- Obat Hipnotik Sedatif

- Test Kepekaan/Kekebalan terhadap Obat-obatan (Resistensi/Sensitivity Test)

- Analgetik Antipiretik

- Biopsi

- Pemeriksaan Patologi Hasil Biopsi

Keterampilan Klinis Semester V berisi tentang keterampilan-keterampilan yang terkait dengan modul-modul yang terdapat pada semester V Program Studi Pendidikan Dokter FK UISU. Adapun keterampilan klinis yang tersebut adalah:

- Anamnesis Penyakit Gangguan Neurologi

- Pemeriksaan Fisik Sistem Motorik

- Pemeriksaan Saraf Kranial

- Pemeriksaan Refleks Fisiologis

- Tanda Nyeri Radikular dan Rangsangan Meningeal

- Pemeriksaan Fungsi Kortikal Luhur, Kesadaran dan Fungsi Kordinasi I

- Pemeriksaan Fungsi Kortikal Luhur, Kesadaran dan Fungsi Kordinasi II
- Anamnesis Kelainan Sistem Muskuloskeletal

- Pemeriksaan Fisik Tulang Belakang

- Pemeriksaan Fisik Ekstremitas Atas dan Bawah

- Pemeriksaan Fisik Sendi

- Penatalaksanaan Fraktur dan Cedera Otot/Ligamen

- Pembacaan Foto Rontgen Tulang Tengkorak, Ekstremitas dan Tulang Belakang

- Anamnesis Gangguan Psikiatri

Modul ini terdiri dari empat skenario  dimana  skenario pertama ditujukan untuk memperdalam pengetahuan tentang ilmu-ilmu dasar anatomi histologi fisiologi  sistem saraf, baik sistim saraf pusat maupun sistim saraf otonom yang diharapkan dapat mendasari pengetahuan mahasiswa untuk pembelajaran berikutnya. Sedangkan tiga skenario berikutnya diangkat dari kasus - kasus dalam bidang neurologi yang sering dijumpai dalam praktek sehari-hari seperti : nyeri kepala, nyeri saraf, neuropati, infeksi dan peradangan sistim saraf, stroke, traumatologi sistim saraf, kejang, penyakit Parkinson, tumor dan kegawat daruratan sistim saraf serta hal-hal lain yang berkaitan dengan bidang neurologi dan sistem terkait, sehingga diharapkan setelah  mempelajari modul ini, para mahasiswa akan  mampu untuk mengidenfikasi, membuat diagnosis, menganalisa, membuat rencana (plan of actions), serta mampu mengelola pasien dibidang neurologi secara holistik yang memenuhi standar pelayanan yang baku