Semester I program studi sarjana kedokteran terdiri dari 4 modul yaitu:
1. Modul Keterampilan Komunikasi dan Pembelajaran
2. Modul Biomedik I
3. Modul Biomedik II
4. Modul Masalah Kesehatan Nasional
Ke empat modul tersebut memiliki beban perkuliahan sebesar 4 sks yang dilaksanakan 4 minggu setiap modulnya. Selain ke empat modul tersebut, semester I juga didukung oleh kegiatan Keterampilan Klinis Semester I dan Praktikum Semester I.

Modul ini merupakan modul pembelajaran di semester I yang menjelaskan berbagai hal yang berkaitan dengan  epidemiologi, satuan/ukuran insidensi penyakit dan dasar dasar statistik serta hubunganya dengan lingkungan dan aspek-aspek lain yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan primer (primary health care).

Modul ini merupakan modul lanjutan dari modul Biomedik I sebelumnya yang masih tetap menitik beratkan pada penguasaan Ilmu-Ilmu dasar kedokteran atau Ilmu-Ilmu preklinik yang diharapkan sebagai landasan untuk modul klinik yang akan dilaksanakan selanjutnya. Disamping itu modul ini juga berkaitan erat dengan Ilmu lain dan permasalahan klinik dalam bidang kedokteran untuk pengembangan Ilmu dan teknologi.

Modul pembelajaran biomedik I memberikan penekanan pada Ilmu-Ilmu preklinik, yang diharapkan menjadi landasan bagi pembahasan pada modul-modul klinik pada semester berikutnya. Adapun yang menjadi tematik yang akan dikembangkan sebagai materi pembelajaran modul ini meliputi: Biologi Sel, Jaringan dan Organ, Sistem Tubuh Manusia, Nutrisi dan Biokimia Dasar, dan Genetika Dasar.

Praktikum Semester I berisi tentang praktik-praktik laboratorium terkait topik yang diajarkan di modul-modul semester I. Adapun praktik laboratorium yang diajarkan adalah:

- Literature Searching

- Pengantar Anatomi I

- Pengantar Anatomi II

- Osteologi I

- Osteologi II

- Miologi Dasar

- Pengenalan Mikroskop dan Sel

- Epitel dan Kelenjar

- Hubungan Aktivitas dengan Vital Sign

- Karbohidrat, Protein, Lipid

- Simple Staining

- Helmintologi

- Protozoa

- Farmakokinetik Obat

- Morfologi dan Menghitung Sel Darah

- Pengelolaan Sediaan Mikroskopis dan Teknik Pengiriman Bahan Pemeriksaan

Keterampilan Klinis Semester I berisi tentang keterampilan-keterampilan yang terkait dengan modul-modul yang terdapat pada semester I Program Studi Pendidikan Dokter FK UISU. Adapun keterampilan klinis yang tersebut adalah:

- Keterampilan Komunikasi Efektif Dokter-Pasien

- Teknik Anamnesis Dasar

- Keterampilan Konseling

- Pemeriksaan Fisik Dasar I (Vital Sign)

- Pemeriksaan Fisik Dasar II (Head to Toe)

- Teknik Sterilisasi dan Pengenalan Alat

- Prosedur Asepsis dan Antisepsis

- Prosedur Injeksi

- Mengenal Instrumen Bedah Dasar

- Teknik Penjahitan Kulit dan Sub Kutan

- Simpul-simpul Bedah Dasar

- Presentasi pada Penyuluhan Kesehatan

Modul Keterampilan Komunikasi dan Pembelajaran merupakan modul pertama di semster I. Melalui modul ini mahasiswa baru FK UISU akan dikenalkan mengenai hal-hal yang perlu dipelajari/dikuasai selama di FK, cara berpikir dan belajar mahasiswa kedokteran, kendala pembelajaran dan upaya mengatasinya, serta teknik-teknik belajar dan komunikasi.

Oleh karena modul ini merupakan modul awal, maka penekanan kemampuan yang diharapkan dari mahasiswa kedokteran adalah kemampuan beradaptasi dengan lingkungan kedokteran dan metode-metode pembelajaran yang mungkin belum pernah dialami oleh mahasiswa baru. Mahasiswa akan lebih banyak dituntut untuk berperan serta dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran, sehingga akan menjadi terbiasa pada modul-modul selanjutnya.