Semester V Program Studi Pendidikan Dokter terdiri dari 4 modul, yaitu:
1. Modul Pendengaran, Penciuman dan Tenggorok
2. Modul Penglihatan
3. Modul Kulit dan Jaringan Penunjang
4. Metodologi Penelitian
Ke empat modul tersebut memiliki beban perkuliahan sebesar 4 sks yang dilaksanakan 4 minggu setiap modulnya. Selain ke empat modul tersebut, semester V juga didukung oleh kegiatan Keterampilan Klinis Semester V dan Praktikum Semester V. 

Secara garis besar modul ini mempelajari tentang metodologi penelitian kesehatan serta ilmu biostatistik yang mendukung dalam menyusun hipotesis dan pengambilan kesimpulan penelitian.

Modul ini merupakan bagian dari modul pembelajaran dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi tingkat Program Sarjana Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara. Modul ini dapat juga dianggap sebagai modul sistem organ klinis karena modul ini berisikan berbagai hal yang berkaitan dengan anamnesis, pemeriksaan fisik dan diagnostik dasar serta merencanakan penatalaksanaan pada pasien. Salah satu bagian dari modul sistem organ adalah kulit dan jaringan penunjang (integumen).

Modul ini berisi tentang pembelajaran terkait tentang sistem penglihatan, dimana modul penglihatan ini membahas tentang ilmu-ilmu dasar seperti anatomi-histologi-fisiologi mata dan penglihatan serta penyakit-penyakit terkait dengan sistem penglihatan. Diharapkan melalui modul ini, mahasiswa dapat melakukan penatalaksanaan penyakit-penyakit penglihatan yang banyak ditemukan di masyarakat.

Praktikum Semester V berisi tentang praktik-praktik laboratorium terkait topik yang diajarkan di modul-modul semester V. Adapun praktik laboratorium yang diajarkan adalah:

- Anatomi Sistem Pendengaran

- Anatomi Hidung dan Tenggorokan

- Histologi Telinga

- Histologi Hidung dan Tenggorokan

- Pendengaran, Pengecapan dan Penciuman

- Anatomi Penglihatan

- Histologi Penglihatan

- Obat Tetes Mata dan Penulisan Resep

- Interaksi Obat

- Histologi Kulit

- Pemeriksaan Saraf dan Test Fungsi Saraf pada Kusta

- Histopatologi Kulit

- Histopatologi Spesial Sense

- Menelaah Artikel Jurnal Ilmiah (Critical Appraisal)


Keterampilan Klinis Semester V berisi tentang keterampilan-keterampilan yang terkait dengan modul-modul yang terdapat pada semester V Program Studi Pendidikan Dokter FK UISU. Adapun keterampilan klinis yang tersebut adalah:

- Anamnesis Penyakit THT

- Pemeriksaan Fisik THT

- Pemeriksaan Fisik Hidung

- Menghentikan Perdarahan Hidung

- Anamnesis Penyakit Mata

- Pemeriksaan Oftalmologi

- Pemeriksaan Ketajaman Penglihatan (VISUS) dan Koreksi Refraksi Subjektif

- Pemeriksaan Buta Warna

- Pemeriksaan Funduskopi

- Pemberian Obat Tetes dan Zalf Mata

- Pemeriksaan Tekanan Intraokuler

- Anamnesis Penyakit Kulit dan Kelamin

- Pemeriksaan Fisik Kulit dan Kelamin

- Pemeriksaan Lampu Wood

- Teknik Kompres

- Teknik Biopsi Eksisi Kulit

Modul ini ditujukan untuk memperdalam pengetahuan tentang ilmu-ilmu dasar anatomi, histologi, dan fisiologi organ Telinga Hidung dan Tenggorok yang diharapkan dapat mendasari pengetahuan mahasiswa untuk pembelajaran berikutnya, dan skenario  dibuat untuk membahas kasus-kasus yang sering dijumpai dalam praktek sehari-hari dalam bidang penyakit THT yaitu : Peradangan dan alergi - immunologi, infeksi, kelainan kongenital, tumor dan keganasan dan hal-hal yang berkaitan dengan kedaruratan dalam bidang ilmu penyakit THT, sehingga diharapkan setelah  mempelajari modul ini, para mahasiswa akan  mampu untuk mengidenfikasi, membuat diagnosis,  menganalisa, membuat rencana (plan of actions), serta mampu mengelola pasien dibidang ilmu penyakit THT  dan kelainan-kelainan terkait lainnya secara holistik yang memenuhi standar pelayanan yang baku.